KEPINGAN KECIL

Hidup merupakan akumulasi. Kesuksesan besar yang kita capai hari ini tidak terjadi tiba-tiba, melainkan akumulasi dari kesuksesan-kesuksesan kecil yang berhasil kita capai. Demikian juga kegagalan besar yang terjadi biasanya tidak terjadi dengan tiba-tiba, karena kegagalan besar juga merupakan akumulasi dari kegagalan-kegagalan kecil yang tidak pernah kita sadari atau kita abaikan begitu saja.

Keberhasilan Daud menjadi raja Israel juga tidak terjadi dengan tiba-tiba. Semuanya melalui kejadian-kejadian kecil yang terakumulasi. Dia harus setia menggembalakan beberapa dombanya sebelum ia bisa menggembalakan bangsa yang besar. Dia harus mengalahkan singa dan beruang dulu sebelum bisa mengalahkan Goliat.

Dulu berat badan saya hanya berkisar di angka 60-an kg, namun sekarang berat badan saya sudah 75 kg. Pertambahan berat badan sebanyak 15 kg itu tidak terjadi dengan tiba-tiba. Jika saya bangun tidur dengan berat badan bertambah 15 kg tentu saja akan shock dan cepat-cepat pergi ke rumah sakit. Namun berbeda jika pertambahan berat badan itu terjadi secara perlahan dan bertahap, saya hampir tidak pernah menyadari bahwa berat badan saya sudah melebihi berat badan ideal. Saya baru sadar setelah melihat kenyataan bahwa pakaian saya sudah tidak muat lagi.

Kesuksesan maupun kegagalan dalam hidup sangat mirip dengan illustrasi tersebut. Semuanya berasal dari hal-hal kecil yang terus terakumulasi. Jangan pernah abaikan hal-hal kecil. Jika kita mengabaikan kerikil kecil kita akan tersandung batu besar, jika kita mengabaikan batu besar kita akan tersandung batu raksasa. Demikian juga jika kita unggul di dalam hal kecil, kita akan lebih mudah untuk bisa unggul di hal yang lebih besar dan seterusnya. Seandainya kita sangat sadar bahwa hidup merupakan akumulasi, kita akan menghargai kepingan-kepingan kecil dalam perjalanan hidup kita, karena dari kepingan-kepingan kecil itulah terbentuk gambar besar hidup kita yang sebenarnya.

Hidup merupakan akumulasi, setiap kepingan-kepingan kecil dalam hidup sangatlah berharga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: